PENGOBATAN SAKIT KEPALA

Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat? Ini Dia Caranya

 7
 

 89

image

SAKIT kepala memang sering menyerang kita kapan saja dimana saja tanpa ada alasan tertentu, biasanya orang yang suka sakit kepala itu adalah orang-orang yang sering bekerja terlalu keras, depresi, banyak pikiran, atau sering memakan-makanan yang kurang sehat.

Berbagai cara orang lakukan untuk menyembuhkan sakit kepala, termasuk memakan obat-obatan, tanpa memperhatikan efek tertentu dari obat tersebut. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya tanpa mengandalkan obat-obatan.

Berikut cara meredakan sakit kepala tanpa mengonsumsi obat:

1. Refleksi tangan
Metode ini digunakan untuk mereka yang menderita gangguan sakit kepala seperti migrain. Caranya, mulai dari satu sisi tangan, dengan menggunakan tangan lain, lakukan tekanan lembut pada ujung-ujung jari. Lakukan pemijatan mulai dari ujung ibu jari lalu ke jari lainnya.

2. Padamkan lampu
Saat sakit kepala, kadang cahaya lampu justu membuat Anda tak nyaman. Cobalah untuk memadamkan lampu, kemudian baringkan badan di tempat tidur sambil pejamkan mata.

3. Kopi
Diam-diam kafein yang terdapat dalam kopi memiliki manfaat positif. Yaitu, dapat membantu mengatasi rasa sakit kepala dan membuat tubuh merasa lebih baik.

4. Terapi Panas atau Dingin
Sensasi panas atau dingin cocok bagi jenis sakit kepala yang sifatnya ringan (bukan migren). Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu menempelkan kompres panas atau dingin (sekarang tersedia eceran dalam kemasan praktis dan bisa dibeli di apotek) di bagian yang terasa sakit, lalu biarkan selama 15 menit.

“Pilihan kompres panas atau dingin itu tergantung pada preferensi Anda,” kata Jason Rosenberg, MD, direktur Johns Hopkins Headache Center, Bayview, Baltimore. Para ahli masih belum menemukan mengapa terapi ini bisa efektif, namun diduga kompres dingin dapat memperlambat aliran darah dan mengurangi inflamasi. Sementara, kompres panas meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s