Konsul Penyakit dalam

Archive for the ‘Penyakit Dalam’ Category

Penyakit Paru Restriksi & Obstruksi

Sunday, September 9th, 2012

Penyakit Paru Restriksi & Obstruksi
Billy N. <billy@KonsulSehat.web.id>

Paru-paru manusia adalah salah satu organ yang paling aktif & vital di dalam tubuh manusia. Rata-rata paru-paru mengembang & mengempis sebanyak 12-24 kali per menit. Dengan ukuran sekitar 5-6 liter, paru-paru mengisi sebagian besar rongga dada manusia.
Berbagai penyakit bisa menyerang paru-paru, dari infeksi, alergi, kerusakan paru menahun, sampai kanker. Kali ini yang akan dibahas adalah penyakit yang menyebabkan gangguan fungsi paru, yaitu penyakit paru obstruksi (PPO) & penyakit paru restriksi (PPR). Kedua penyakit ini menyebabkan sesak nafas sehingga bernafas harus menyeluarkan tenaga/usaha yang besar. (more…)

Tags: , ,
Posted in ARTIKEL, Kesehatan Kerja, Penyakit Dalam | No Comments »

Peradangan Saluran Cerna Atas (’Sakit Maag’)

Wednesday, May 2nd, 2012

Peradangan Saluran Cerna Atas (’Sakit Maag’)
Billy N. <billy@konsulsehat.web.id>

Salah satu penyebab utama nyeri perut adalah peradangan di saluran cerna atas, yang sering disebut ’sakit maag’. Peradangan yang terjadi di saluran cerna berbentuk seperti borok di dinding saluran cerna.
Penyebab peradangan saluran cerna yang paling sering adalah infeksi kuman. Juga, produksi asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan rusaknya dinding saluran cerna. Selain itu, rusaknya dinding saluran cerna juga bisa diakibatkan oleh pemakaian obat-obatan yang dapat merusak dinding saluran cerna dalam waktu lama, seperti obat anti radang non-steroid (NSAID) yang sering diresepkan dokter untuk ‘nyeri sendi’. Perasaan tertekan (stress), baik secara fisik maupun emosi sebetulnya tidak menyebabkan kerusakan dinding saluran cerna, tetapi dapat memperberat peradangan yang sebelumnya telah ada.
Gejala dari peradangan saluran cerna dapat berupa nyeri akan bertambah setelah makan, nyeri yang berkurang setelah makan namun bertambah hebat dalam 1-2 jam berikutnya, nyeri perut ketika tidur sehingga terbangun, merasa cepat kenyang, rasa terbakar/panas di daerah perut, atau mual, kadang disertai muntah. (more…)

Posted in ARTIKEL, Kesehatan Umum, Penyakit Dalam | 1 Comment »

Tuberkulosis (TBC)

Monday, April 2nd, 2012

Tuberkulosis (TBC)
Billy N. <billy@KonsulSehat.web.id>

TBC adalah penyakit yang di masyarakat sering diidentikkan dengan kurang gizi, daerah kumuh, atau kemiskinan, sehingga banyak yang merasa ‘gengsi’ ketika mengalami penyakit ini. Sehingga, banyak yang akhirnya salah menyebutkan penyakit ini sebagai ‘bronkitis’ (peradangan saluran nafas), yang merupakan penyakit berbeda. TBC dapat menyerang siapa saja dari golongan ekonomi manapun dalam usia berapapun, sehingga harus diwaspadai oleh semua orang.
Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi kuman Mikobakterium tuberkulosis yang dapat menyerang paru, ataupun organ-organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, usus, ginjal, kandungan, tulang, sampai otak. TBC dapat mengakibatkan kematian & merupakan salah satu penyakit infeksi yang menyebabkan kematian tertinggi di negeri ini. Kali ini, yang dibahas adalah TBC paru.
TBC sangat mudah menular, yaitu lewat cairan di saluran nafas yang keluar ke udara lewat batuk/bersin & dihirup oleh orang-orang di sekitarnya. Tidak semua orang yang menghirup udara yang mengandung kuman TBC akan sakit. Pada orang-orang yang memiliki tubuh yang sehat karena daya tahan tubuh yang tinggi & gizi yang baik, penyakit ini tidak akan muncul & kuman TBC akan ‘tertidur’. (more…)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s