Gejala Penyakit Tipes

Gejala Penyakit Tipes Yang Perlu Anda Ketahui

 

Penyakit tipes/typus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyposa. Bakteri ini menular melalui makanan, minuman, kotoran dan air seni yang dibawa oleh lalat. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena jika tidak segera ditangani dapat berakibat pada kematian. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencari tahu mengenai beberapa gejala penyakit tipes agar dapat segera ditangani jika orang di sekitar anda terkena tipes.

Gejala penyakit tipes pada umumnya sama dengan gejala penyakit lain seperti demam, menurunnya nafsu makan, menurunnya daya tahan tubuh, mudah lelah dan sering pusing. Apabila anda mengalami beberapa gejala ini, belum tentu jika anda terkena tipes dan untuk memastikannya anda dapat melakukan pemeriksaan ke pihak medis misalnya dengan pergi ke laboratorium untuk deteksi bakteri pada kotoran atau air seni.

gejala penyakit tipes

Ilustrasi penyakit tipes

Lantas, apa saja gejala penyakit tipes yang khas? Coba simak uraian di bawah ini :

Minggu pertama (awal terinfeksi)
Pada minggu pertama ini memang tidak begitu terlihat jelas mengenai gejala penyakit tipes. Seperti yang sudah admin jelaskan di atas bahwa pada minggu pertama biasanya penderita akan mengalami demam pada malam atau sore hari dan ketika pagi akan membaik, nafsu makan menurun, mual, muntah dan terasa radang. Pada hari ke 3-5 pada kulit penderita akan muncul ruam yang biasanya berupa bintik-bintik kecil pada bagian lengan atas dan perut.

Minggu kedua
Gejala penyakit tipes ketika memasuki minggu kedua, juga seperti halnya minggu pertama bahwa penderita akan mengalami demam. Namun, bedanya pada minggu kedua ini penderita akan mengalami demam yang terus-menerus diikuti dengan perlambatan denyut nadi. Lidah penderita juga akan kotor biasanya berwarna merah pada bagian tengah dan berwarna merah mengkilap pada bagian tepi. Tak jarang pada minggu kedua ini penderita mengalami gangguan pendengaran.

Minggu ketiga
Pada minggu ketiga, gejala penyakit tipes yaitu suhu tubuh yang berangsur-angsur turun baik dengan pengobatan ataupun tidak. Namun, perlu anda tahu bahwa suhu turun bukan berarti menunjukkan bahwa anda sembuh tetapi bisa jadi terjadi pendarahan. Jika muncul keringat dingin,gelisah dan sukar bernapas dari nadi yang teraba denyutnya memberi gambaran adanya perdarahan.

Minggu keempat
Merupakan stadium penyembuhan. Demam menurun secara bertahap dan suhu penderita kembali normal pada minggu atau 10 hari berikutnya. Tetapi, gejala dapat timbul kembali selama dua minggu sesudah demam menghilang.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s