Berita Sehat

Bakteri Penyebab Penyakit Pada Manusia

Ditulis oleh dr. Bahdar T Johan, SpPD

Bakteri, virus adalah mikroorganisme yang ada di mana-mana di belahan bumi kita ini. Bahkan di tempat dengan suhu ekstrim, seperti di kutub yang dingin, atau pun di gurun pasir yang panas. Mikroorganisme ini ada yang bersifat sebagai mikroorganisme baik dan ada pula yang bersifat patogen. Bakteri patogen menyebabkan penyakit pada manusia. Salah satu media pada tubuh yang terbanyak terkontaminasi oleh bakteri patogen adalah tangan.

Karena fungsinya, tangan banyak kontak dengan benda benda yang mungkin mengandung kuman. Satu penelitian diruang ICU membuktikan 31% tangan dokter yang bertugas di ICU dan 17% tangan perawatnya mengandung kuman berbahaya saat bertugas. Penelitian lain pada 103 Rumah Sakit menunjukkan, 21% tangan personal yang bertugas di Rumah Sakit mengandung kuman patogen. Ada 22 spesies kuman patogen yang terdeteksi.

Penelitian menunjukkan efektivitas cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer cukup tinggi. Variasinya berkisar antara 62% sampai 99%. Lebarnya angka variasi tersebut karena adanya kesalahan prosedur dalam cuci tangan. Berikut tips cuci tangan yang baik:

1. Selalu cuci tangan pakai sabun.

2. Seluruh permukaan kulit, baik telapak tangan, sela jari, punggung tangan, dan kuku harus kontak dengan sabun tadi.

3. Bilas tangan yang sudah disabuni dengan air yang mengalir.

4. Cuci tangan pakai sabun minimal 8x sehari atau segera mencuci tangan bila kontak dengan benda yang kotor atau pun dicurigai mengandung banyak kuman walaupun terlihat bersih.

Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s